Pages

WELCOME TO MY BLOG

Sabtu, 18 Desember 2010

TIPS MERAWAT LAPTOP dan NOTEBOOK

Laptop atau lebih dikenalnya dengan notebook merupakan benda yang sudah tidak asing lagi dikehidupan masyarakat, bukan hanya di masyarakat perkotaan, di masyarakat pedesaan pun sekarang sudah banyak yang memiliki laptop atau notebook. Tetapi apakah mereka mengetahui bagaimana merawat notebook yang baik? Disini saya menulis sedikit tips agar laptop (notebook) kesayangan anda lebih awet. 
1. Merawat Baterai Notebook/Laptop.
Sebaiknya jika baterai sudah mendekati 10%-20% langsung dicharge dan apabila sudah penuh sebaiknya langsung dicabut kabel adaptor yang terhubung ke notebook. Atau mungkin jika notebook digunakan di rumah atau dimanapun yang dekat dengan sumber listrik, sebaiknya baterainya dilepas dan laptop dinyalakan dengan listrik.
2.Gunakan Protector (pelindung) untuk Layar LCD & Keyboard
Penggunaan protector untuk keyboard laptop bertujuan untuk menghindari kemungkinan ketumpahan air atau benda yang berupa cairan yang tidak sengaja yang berakibat sistem Keyboard akan rusak, sedangkan protector LCD dimaksudkan agar layar monitor tidak mudah tergores, karena LCD terbuat dari bahan liquid, sekali tergores maka LCD tersebut tidak dapat diperbaiki lagi. Dan bersihkan layar LCD setiap kali terlihat agak kotor, misalnya seminggu sekali atau 2 minggu sekali.
3.Jangan Meletakan Notebook/Laptop dekat dengan Sumber Magnet.
Jangan meletakkan laptop dengan sumber medan magnet, misalnya TV, Speacker Active, Radio Tape atau ponsel. Medan magnet akan mempengaruhi komponen laptop terutama harddisknya.
4. Bacalah buku Manual (buku petunjuk) Notebook/Laptop Anda.
Bacalah sampai selesai manual book yang diberikan produsen notebook anda, sering2 lihat review dan support dari website tentang notebook anda.
5.Hati-Hati Membuka dan Menutup Notebook/Latop.
Sepertinya hal ini sepele tetapi ini merupakan hal yang suka dilupakan orang, bahwa membuka atau menutup Laptop anda ada aturannya dan kapasitasnya. Dan setiap Latop berbeda-beda.
Demikian beberapa Tips cara merawat Laptop yang bisa saya berikan agar Notebook / Laptop anda awet. Sekian.

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger